Selasa, 08 September 2009

SPEEDY

FAQ TELKOM Speedy



Apa yang dimaksud dengan Speedy ?

Speedy adalah Layanan internet access end to end dari PT TELKOM dengan basis teknologi Asymetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang dapat menyalurkan data dan suara secara simultan melalui satu saluran telepon biasa dengan kecepatan maksimal 1024 kb/s.

Apa yang dimaksud dengan Broadband Access ?

Broadband Access adalah jaringan akses telepon Pelanggan yang ditingkatkan kemampuannya menjadi jaringan digital berkecepatan tinggi, sehingga selain mendapatkan fasilitas telepon (voice) juga dapat melakukan akses internet dengan kecepatan tinggi.

Dimana dapat melihat info tentang SPEEDY ?

Apa Keunggulan Layanan SPEEDY ?

  • Akses internet lebih cepat (hingga 1024 kbps), Speedy memberikan kecepatan downoad lebih cepat.

  • Saat berinternet tetap bisa bertelepon, dengan menggunakan alat pemisah (splitter), maka saat koneksi internet dengan Speedy, maka saluran telepon tetap dapat digunakan.

  • Dedicated Internet, dengan akses internet yang tetap (dedicated), Speedy menjamin koneksi 24 jam selama modem terhubung.

  • Koneksi memiliki sifat highly reliability dan highly secure, setiap pelanggan mendapat 1 (satu) password yang unik untuk melakukan koneksi ke internet. Selain itu SPEEDY juga menerapkan binding-port security sehingga penggunaan username & password Pelanggan A tidak mungkin dicuri pakai oleh Pelanggan lain di lokasi yang berbeda.

  • Jumlah pemakaian mudah dikendalikan, dengan menggunakan info usage di www.telkomspeedy.com dan aplikasi quota alert, setiap pelanggan dapat mengendalikan jumlah pemakaian setiap bulannya.

1. Keunggulan Speedy dibanding Akses Internet Wireless ISP lain:

  • Akses Speedy menggunakan kabel yang lebih handal, dibandingkan akses Wireless yang rawan gangguan alam (hujan, petir) dan interferensi frekuensi.

  • Biaya investasi awal akses internet Wireless relatif mahal, karena Pelanggan harus membeli perangkat Radio dan tower antena.

2. Keunggulan Speedy dibandingkan dengan ADSL ISP Lain:

  • Untuk mendapatkan layanan Internet berkecepatan tinggi (Speedy), customer hanya perlu menghubungi TELKOM, melalui 147 dan Plasa TELKOM, tidak perlu ISP lain.

  • Pembayaran tagihan biaya akses link dan biaya akses Internet digabung dalam satu tagihan.

  • Penanganan customer (customer service) melalui 1 (satu) pintu, yaitu Call Centre 147 atau Plasa Telkom.

  • Infrastuktur Telkomnet lebih handal, yaitu memberikan kualitas yang lebih baik, dan lebih optimal bagi pemakai Internet di Indonesia.

3. Keunggulan Speedy terhadap Internet dibanding CaTV (Cable TV):

  • Tidak seperti kabel modem CaTV, teknologi ADSL hanya memberikan dedicated line ke Internet, tidak ke layanan yang lain.

  • Pada kabel modem CaTV, dimungkinkan terjadinya dilakukan share line dengan pengguna lainnya, yang secara total akan mengurangi keandalan dan keamanan akses Internet.

Apa yang dimaksud dengan unlimited dan limited ?

Pengertian/terminologi limit disini mengacu pada kuota limit/batas jumlah Byte (dalam 1 bulan) yang dikirim + (plus) diterima oleh pelanggan selama menggunakan Internet.

Pada segmen Limited, customer memperoleh kuota trafik data tertentu untuk setiap bulannya, yaitu sebesar 750 MB/bulan untuk kelas Personal, dan 2 GB/bulan untuk kelas Professional. Customer layanan Limited dapat melebihi kuota data yang ditetapkan, namun untuk itu akan dikenakan charge tambahan, yang disebut excess usage.

Pada segmen Unlimited, customer tidak dibatasi dengan kuota. Tentu saja biaya bulanan untuk segmen ini lebih tinggi daripada segmen Limited. Segmen ini juga dibedakan atas Unlimited Standar (untuk perumahan dan bisnis tanpa resale dalam satu premise) dan Unlimited Warnet (yang memungkinkan resale dalam satu premise) .

Apa perbedaan penghitungan Volume based dengan Time based ?

Penghitungan pemakaian (usage) Volume based berdasarkan jumlah byte data yang dikirim (sent) dan yang diterima (received), yang tergantung dari jumlah dan jenis data yang diakses Pelanggan (download dan upload) tetapi tidak tergantung lama aksesnya dan idle time.

Penghitungan pemakaian (usage) Time based berdasarkan lama (durasi) Pelanggan mengakses internet termasuk idle time, yang tidak tergantung jumlah dan jenis data yang diakses Pelanggan (download dan upload).

Apa yang dimaksud dengan kecepatan upstream dan downstream ?

Kecepatan upstream adalah kecepatan data dari modem pelanggan menuju network Telkom (Internet)Kecepatan downstream adalah kecepatan data dari network Telkom (Internet) menuju modem pelanggan.

Berapa kecepatan upstream/downstream Speedy Limited dan Speedy Unlimited ?

Kecepatan stream naik/turun (upstream/downstream) Speedy Limited/Unlimited adalah 128 / 1024 Kbps .

Perangkat apa yang perlu disiapkan di sisi pelanggan ?

Perangkat di sisi pelanggan yang perlu diinstal adalah modem ADSL. Modem ini dilengkapi dengan splitter untuk membagi frekuensi sehingga telepon dan internet dapat digunakan secara bersamaan, Ada dua jenis splitter yaitu internal splitter (built in di dalam modem) dan eksternal splitter (terpisah dengan modem).

Selain itu direkomendasikan melengkapi modem ADSL dengan Volt Stabilizer atau UPS (Uninterruptable Power Supply), agar tegangan catuan PLN dapat terjaga stabil sehingga performansi modem ADSL dapat optimal.

Samakah Modem ADSL dengan Modem Dial-Up ?

Tidak, teknologi yang digunakan berbeda. Modem Dial-up yang biasa digunakan untuk mengakses internet dial-up (misal Telkomnet Instan) tidak dapat digunakan untuk SPEEDY.

Adakah standar merk modem agar bisa menikmati layanan Speedy ?

Tidak ada batasan merk modem ADSL yang bisa dipakai untuk layanan Speedy.
Sebaiknya disarankan menggunakan Modem yg direkomendasi TELKOM, karena telah diuji coba dan terdapat ikatan komitmen untuk jaminan purna jual produsen maupun distributornya.

Untuk berlangganan Speedy, apakah pelanggan harus melakukan pasang baru telepon lagi, apabila pelanggan sudah memilki jaringan telepon ?

Speedy bisa digunakan pada jaringan telepon (wireline) eksisting, tanpa perlu menarik jaringan baru.

Siapa saja yang bisa dilayani produk Speedy ?

Untuk kejelasan daerah atau teknis nomor telepon yang bisa dilayani layanan Speedy, Pelanggan dapat menanyakan nomor telepon kabel rumah atau kantornya melalui telepon ke 147, sebutkan nomor telepon yang akan dipakai untuk akses Speedy

Bagaimana syarat-syarat berlangganan Speedy ?

Syarat berlangganan layanan SPEEDY adalah :

  • Memiliki line telepon kabel dari Telkom (bukan line telepon menggunakan teknologi DPG, PCM, WLL, OAN : untuk memastikan dapat menghubungi 147)

  • KTP / Surat kuasa untuk pelanggan perusahaan, SIUP (untuk bisnis / perusahaan). Bila pelanggan mengontrak di lokasi yang akan dipasang Speedy, harap melampirkan fotocopy KTP pemilik lokasi dan kontrak ditanda-tangani oleh pemilik atau menggunakan surat kuasa bila pemilik berhalangan.

Apa beda modem bridge dan router ?

Modem bridge hanya bisa digunakan akses untuk 1 PC? (akses SPEEDY tidak bisa di-share ke beberapa client).
Modem dengan kemapuan router, bisa digunakan untuk lebih dari 1 PC (bisa di-share ke beberapa client LAN).

Faktor apa yang membedakan keunggulan atau kwalitas modem ?

Faktor yang membedakan kwalitas modem adalah beberapa aspek, antara lain:

  • Kemudahan dari sisi setting mulai dari yang harus menginstalasi driver sampai yang dapat disetting melalui browser (misal Internet Explorer).

  • Jenis koneksi, dari yang menggunakan koneksi USB, koneksi Ethernet, gabungan USB dan Ethernet (Combo), sampai dengan akses wireless (WiFi).

  • Kemampuan fitur, dari yang hanya memiliki setting VCI dan VPI sampai dengan yang memiliki kemampuan menjalankan fungsi router seperti: NAT, Routing, Access List, VPN, dan sebagainya.

Bagaimana cara memilih modem ADSL ?

  • Tentukan apakah modem tersebut digunakan untuk beberapa PC atau hanya satu PC. Jika untuk satu PC cukup modem dengan 1 port USB dan atau 1 port ethernet, tetapi apabila akan digunakan untuk beberapa PC maka bisa digunakan modem yang dilengkapi dengan beberapa port ethernet (berfungsi sebagai hub).

  • Gunakan modem yang kompatibel dengan sistem operasi dari PC Anda, seperti Windows atau Linux. Dari pengalaman di lapangan ada beberapa jenis modem USB yang tidak kompatibel dengan Windows 98 atau Windows 2000.

  • Sebaiknya menggunakan modem yang memiliki kemampuan setting melalui web karena dapat dioperasikan dengan berbagai jenis sistem operasi dan browser serta mudah dalam pengoperasiannya.

  • Jika menggunakan modem dengan fitur Wireless (WiFi), pastikan mengaktifkan wireless security (KEY) untuk menghindari akses SPEEDY Anda digunakan oleh orang yang tidak berhak yang dapat beresiko menimbulkan antara lain : tagihan yang melonjak, akses lambat, virus, dan lain-lain.

  • Jika modem digunakan untuk jangka waktu hidup (ON) yang terus menerus dan lama, misal pada Kantor dan Warnet, sebaiknya menempatkan modem di ruang ber-AC atau menggunakan extra FAN (kipas) didekat modem.

  • Mengingat sangat banyak merek dan tipe modem di pasaran, disarankan menggunakan merek-merek modem yang direkomendasikan oleh PT Telkom, sehingga lebih terjamin purna jual dan memudahkan petugas Telkom atau Mitra Telkom dalam membantu setting jika terjadi gangguan di sisi Pelanggan.

Bolehkah membagi akses (sharing) SPEEDY ke beberapa Client PC ?

Boleh. Telkom mengijinkan Pelanggan untuk membagi 1 akses SPEEDY ke beberapa PC Client dalam LAN, rumah atau kantor Pelanggan yang bersangkutan (SOHO). Jika Pelanggan berlangganan SPEEDY paket Limited, yang harus diperhatikan adalah kontrol pemakaian Client LAN yang dapat menyebabkan resiko biaya excess usage yang tinggi. Pelanggan tidak berhak melakukan resale, yaitu membagi akses SPEEDY-nya ke orang lain di luar alamat lokasi instalasi yang didaftarkan ke TELKOM.

Bagaimana jika pelanggan ingin melakukan sharing akses Internet ke lebih dari satu PC ?

Koneksi internet Speedy dapat disharing ke lebih dari satu PC. Ada berbagai macam metoda yang bisa digunakan:

  • Menggunakan perangkat router terpisah

  • Menggunakan PC dengan dua Ethernet card yang difungsikan sebagai PC Router.

  • Menggunakan modem ADSL jenis router yang sudah dilengkapi dengan fasilitas routing IP

Perlu diperhatikan bahwa sharing koneksi Internet ini menyebabkan bandwidth digunakan oleh lebih satu PC sehingga mempengaruhi performansi browsing di sisi pelanggan. Setting router adalah menjadi tanggung jawab pelanggan.

Jika browsing ke Internet terasa lambat, apa yang harus saya lakukan?

Jika browsing ke Internet terasa lambat, perlu diperhatikan bahwa speed koneksi ke internet tergantung dari beberapa hal:

  1. Banyaknya PC yang disharing untuk mengakses Internet.

  2. Jenis aktivitas yang dilakukan pelanggan yang sedang connect ke Internet (download, browsing, transfer file, dsb).

  3. Malware (Virus, trojan, spyware) yang kemungkinan mengkonsumsi bandwidth secara tersembunyi.

  4. Spesifikasi PC, operating system (Windows, Linux dsb), dan software yang digunakan untuk browsing:

  • spesifikasi jaringan dan kabel UTP di sisi pelanggan

  • besar bandwidth berlangganan yang diminta oleh pelanggan

  • trafik dan tingkat kesibukan server web site yang sedang dikunjungi

  • trafik pengguna Internet lain secara keseluruhan.

Perlu diperhatikan bahwa layanan Speedy menerapkan prinsip statistical bandwidth sharing sehingga tingkat kesibukan / trafik pengguna Speedy lainnya ikut mempengaruhi performansi di sisi pelanggan secara keseluruhan. Pelanggan dapat melihat sendiri trafik usage internetnya, melakukan test speed ke TELKOM, dan melakukan ping ke gateway (dijelaskan pada nomor-nomor pertanyaan berikutnya). Jika masih ada hal yang perlu diklarifikasi, silahkan menghubungi 147 atau 117.

Apakah pelanggan bisa memantau penggunaan (usage) SPEEDY-nya ?

Pelanggan dapat melihat usage SPEEDY di http://www.telkomspeedy.com
Kemudian memasukkan username dan password sesuai yang digunakan untuk mengakses layanan SPEEDY. Untuk lebih memudahkan dan praktis, Pelanggan dapat menginstall aplikasi SPEEDY Quota Allerting yang file installnya dapat didownload di situs www.telkomspeedy.com .

Apakah pelanggan bisa memantau trafik Internetnya ?

Pelanggan dapat menginstall sendiri software yang dapat memonitor usage trafik Internetnya. Contoh software yang beredar di pasaran adalah MRTG (for Linux dan Windows) dan PRTG (for Windows).

Apakah tersedia bandwidth meter untuk mengukur bandwidth pelanggan ?

Untuk mengukur bandwidth, pelanggan dapat membuka URL address : http://www.telkomspeedy.com dengan login menggunakan username SPEEDY, atau ke http://www.sijiwae.net/speedtest.? Perlu diperhatikan bahwa sebelum melakukan test speed, pastikan hanya satu komputer yang dikoneksikan ke modem ADSL agar bandwidth yang didapat mencerminkan kondisi yang sebenarnya.

Apakah pelanggan bisa melakukan sendiri test koneksi ke sisi TELKOM ?

Sebelum melakukan test koneksi, pelanggan perlu mengecek dulu lampu indikator modem. Pastikan bahwa lampu dengan indikator DSL atau WAN menyala. Jika tidak menyala, berarti secara fisik jaringan tidak connect ke sisi TELKOM. Periksa kembali koneksi kabel telepon dan splitter sudah terpasang dengan benar.

Jika indikator DSL atau WAN sudah menyala, pelanggan dapat juga mengecek koneksi di level IP ke sisi TELKOM dengan melakukan ping ke alamat gateway yang diberikan oleh TELKOM.

Perlu diperhatikan bahwa sebelum melakukan ping, semua komputer yang lain di-disconnect dulu dan hanya satu komputer yang melakukan ping yang dikoneksikan ke modem ADSL agar ping dapat mencerminkan kondisi yang real.

Caranya, dari command prompt, ketik : ipconfig lalu ENTER. Catat IP Gateway-nya. Ketik perintah ping xx.xx.xx.xx dengan xx.xx.xx.xx adalah IP gateway yang diberikan oleh TELKOM tadi (yang sebelumnya dilihat menggunakan command ipconfig). Dengan menggunakan tool ping ini dapat dicek apakah koneksi ke TELKOM sedang on atau off.

Contoh:
C:\> ping 125.xxx.xxx.xxx-t

Pinging 125.169.10.1 with 32 bytes of data:

Request time out
Request time out
Request time out

Jika ping ke gateway timed out seperti contoh di atas, berarti koneksi ke TELKOM tidak on. Jika terjadi hal seperti ini, pastikan bahwa setting IP address sudah sesuai dengan yang diberikan oleh TELKOM.

Jika ping ke gateway menghasilkan reply seperti contoh di bawah, berarti koneksi ke TELKOM sedang on.

C:\> ping 125.169.10.1 -t

125.169.10.1:bytes=32 time=302ms TTL=225
Reply from 125.169.10.1:bytes=32 time=302ms TTL=225
round trip times in milli-seconds:Minimum = 76ms, Maximum = 306ms, Average = 202ms

Bagaimana jika terjadi auto kill oleh server chatting yang menyebabkan pelanggan tidak bisa chatting ?

Autokill terjadi jika server mendeteksi adanya virus atau Trojan di sisi komputer pelanggan. Pelanggan perlu mendisconnect PC yang dicurigai mengandung virus dan melakukan scan antivirus. Kemudian segera kontak 147 agar autokill bisa diatasi di sisi jaringan ke Internet.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar